Laman


Rabu, 21 November 2012

Anak Muda Indonesia Siap Beraksi....


Mahasiswa selalu bisa mengambil peran penting dalam mengukir  catatan sejarah  Indonesia...Mahasiswa juga kaum muda yang ditandai dengan semangatnya yang berapi-api...Perjuangannya murni, semangatnya tinggi, menuntut ilmu dan mengamalkannya untuk kesejahteraan bangsa ini...


Di zaman yang serba modern ini yang penuh dengan pertunjukan teknologi mutakhir, gemerlap kehidupan dan kemudahan dalam berbagai akses kebutuhan, namun  tetap saja ada daerah yang masih terpinggirkan, ada kelompok yang merasa kurang diperhatikan, ada keadaan yang masih jauh dari impian. Keadaan, kesenjangan, kesedihan pun tak akan pernah berubah, tak akan pernah usai jika tak ada lagi kepedulian, tak ada lagi perjuangan untuk segera melakukan perubahan. Setidaknya kita mulai dari pemikiran, gagasan dan tindakan bersama atas nama kepedulian untuk merubah keadaan.
Inilah yang menjadi pemicu pembangkit semangat kepedulian kami  untuk segera melakukan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Aksi ini bermula dari kami sekelompok anak muda dengan berbagai latarbelakang yang berbeda, yang belum saling mengenal dan hanya terhubung melalui dunia maya lewat sebuah sebaran info ingin melakukan aksi yang disebut dengan aksi buku. Kami saling berbalas email dan berdiskusi melalui dunia maya maupun konferensi melalui telepon. Jarak dan latarbelakang tak menjadi masalah buat kami. Kami terus berdiskusi dan membuat komitmen bersama untuk merealisasikan aksi ini. Berbagi tugas dan tanggungjawab, berbagi peran untuk melakukan persiapan, tentunya atas nama kepedulian.
Singkatnya, tibalah waktunya kami beraksi.. setelah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari pengumpulan dan penyeleksian jenis buku bacaan, target lokasi penyaluran, transportasi dan dana operasional kegiatan. Semuanya dilakukan melalui swadaya..swadaya..dan swadayalah....
Kami siap beraksi menuju target lokasi penyaluran buku ke beberapa daerah pelosok nagari di Sumatera Barat. Selama perjalanan kami saling berbagi pengalaman dan harapan maupun impian kedepan. Perjalanan penuh tawa canda ceria padahal baru saja berkenalan dan berjumpa. Setelah melalui perjalanan cukup panjang  berbukit dan berbatu, akhirnya tiba juga di lokasi target lokasi pertama penyaluran buku. Para murid beserta Guru-guru SDN 19 Koto Tinggi Kec. Tanjungraya pun menyambut kedatangan kami dengan gembira.

 Foto bersama dengan murid dan Guru SDN 19 Koto Tinggi

 Usai membagikan buku dan foto bersama, dilanjutkan dengan ngobrol sambil minum teh, kamipun segera melanjutkan perjalanan menuju target lokasi ke-2 yaitu TBM Padang datar. Anak-anak didaerah tersebut  begitu antusias dan gemar membaca. Terhitung 201 buku bacaan dengan berbagai jenis bacaan baik baru dan bekas kami salurkan di lokasi ini.
Penyaluran Buku kepada anak-anak di TBM Padang datar

Lanjut ke target berikutnya yaitu TBM RISMU di daerah Palembayan. Kami mulai memasuki daerah pedalaman kampung, jalan setapak, berbatu, sepi dan haripun mulai gelap. Hujan gerimis membuat suasana semakin dramatis, jalan menjadi licin dan semakin menantang. Kami terus berdo’a agar dapat sampai dan pulang dengan selamat. Ketika hampir sampai di lokasi, tiba-tiba ban depan mobil yang kami tumpangi masuk ke parit... kami semua panik. Tiba-tiba masyarakat berdatangan dan para remaja mesjid juga datang untuk ikut membantu. Sebagian mencari kayu panjang dan sebagian lagi tetap berusaha. Setelah kayu dan ganjal didapatkan, kami langsung menyungkit dan mengangkat mobil dari parit di pinggir jalan itu. Syukurlah kami semua berhasil. Mobilpun kembali ke jalur dan lanjut ke lokasi penyaluran buku. 181 buku kami salurkan melalui remaja mesjid di lokasi ini. Remaja mesjid begitu kreatif dan penuh semangat untuk membangun kampungnya. Mereka aktif melakukan kegiatan kerohanian dan terakhir sedang sibuk mengembangkan perpustakaan dikampungnya untuk memfasilitasi warga dan anak-anak yang semakin gemar membaca.

Diskusi Bersama Remaja Mesjid di TBM RISMU Palembayan


Semoga kita bisa keluar dari dilema klasis sistem pendidikan. Yang meletakkkan kurikulum sekolah sebagai satu-satunya sumur dan wilayah belajar para mahasiswa. Jangan mengurung diri apalagi sampai kehilangan kreatifitas. Bukan hanya buku kuliah yang perlu kita baca, karena masyarakatpun bisa menjadi buku penting dalam memaknai kehidupan.

Kepalkan tanganmu dan angkat keatas... katakan “ Aku Siap Beraksi...”

Salam Inspirasi..!



More Information :
FaceBook Indonesia Menginspirasi : http://www.facebook.com/indonesiakumenginspirasi
FanPage Indonesia Menginspirasi : http://www.facebook.com/IndonesiaMenginspirasi
Twitter Indonesia Menginspirasi : https://twitter.com/IMenginspirasi
Regist On Line :
Web Indonesia Menginspirasi : http://indonesiakumenginspirasi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar